7 Lokasi Investasi Properti di Indonesia, Terbaik 2024.

Lokasi Investasi Properti Terbaik

Lokasi Investasi Properti Terbaik - Berbagai produk properti adalah investasi favorit yang selalu diminati karena memiliki keuntungan dengan nilai besar dan stabil setiap tahun dalam kategori property news.

Tetapi sebelum itu, Anda harus menyiapkan dana yang besar dan bersiap untuk menanggung berbagai risiko yang dapat terjadi jika inflasi terjadi di kemudian hari.

Anda perlu melakukan survei secara teratur, selain menyiapkan dana besar untuk menemukan lokasi yang optimal bagi investasi properti Anda.

Jika Anda masih mencari lokasi yang pas, jangan khawatir, karena tersedia banyak pilihan lokasi yang di rekomendasikan untuk investasi properti.

Namun sebelum itu, Anda harus memahami karakteristik atau kriteria Best Indonesian Property Investment Locations di bawah ini.

Kriteria Lokasi Terbaik Investasi Properti

1. Akses Dekat Transportasi Umum

Ada daya tarik lebih bagi banyak orang untuk membeli properti di lokasi yang dekat dengan pusat kota.

Terlebih lagi, jika area tersebut dekat dengan transportasi umum seperti kereta api, BRT, KRL, MRT, LRT, dan terminal.

Konsep Transit Oriented Development (TOD) kini menjadi daya tarik khusus dalam membeli properti sekaligus berinvestasi.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya keuntungan yang dimiliki area ini, mulai dari akses mudah ke transportasi, fasilitas yang lebih premium, fasilitas umum yang beragam, hingga harga properti yang kompetitif.

Area TOD juga menggambarkan gaya hidup perkotaan yang menginginkan tempat tinggal yang dinamis, praktis, dan efisien.

Properti yang mengusung konsep TOD memiliki nilai investasi rata-rata sekitar 15% hingga 20% per tahun dalam jangka panjang. Contohnya termasuk Citra Sentul Raya dan Urban Signature.

2. Dekat Jalan Tol

Tidak perlu ragu jika Anda ingin berinvestasi properti di area yang dekat dengan jalan tol.

Rata-rata perumahan yang dibangun di area ini selalu laris dibeli oleh pencari properti, baik untuk dijadikan tempat tinggal maupun untuk disewakan kembali.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa nilai properti di dekat jalan tol dapat meningkat tajam, berkisar antara 20% hingga 30%.

Hal ini dikarenakan fungsi jalan tol sebagai jalur utama yang menghubungkan kekuatan ekonomi dan mobilitas cepat ke berbagai tempat.

2. Merupakan Kawasan Terbaru

Investasi properti di area yang sudah mapan memang menjadi impian banyak orang, dan keuntungan yang diperoleh dapat diprediksi.

Namun, Anda harus menyiapkan modal yang sangat besar karena kisaran harga properti di area tersebut tidak masuk akal.

Belakangan ini, area tersebut mulai menarik banyak investor dan pengembang properti.

Beberapa pengembang terkenal mulai mengembangkan area yang sebelumnya dianggap biasa menjadi kota mandiri yang sukses.

Dukungan dari proyek infrastruktur baru pemerintah, seperti pembangunan jalan tol kini telah membuka peluang langsung buat para pengembang untuk memanfaatkannya.

Selain area baru, Anda juga bisa melirik area properti sunrise yang telah mengembangkan banyak proyek bergengsi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas unggulan.

Salah satu contoh properti sunrise dengan stabilitas ekonomi tinggi adalah Bumi Serpong Damai atau BSD City, yang kini telah berkembang dan menjadi primadona banyak orang.

Baca Juga: Ideal House Door Size Standards Based on Height Width and Thickness.

7 Lokasi Terbaik Investasi Properti di Indonesia

1. Kota Samarinda

kota samarinda

Samarinda adalah kota terpadat di Kalimantan, dimana semua sektor usaha berkembang pesat. Pembangunan infrastruktur Jalan Tol Samarinda Balikpapan, sudah seharusnya menarik banyak investor asing.

Apalagi, sektor properti bersaing ketat dengan menawarkan produk-produk prestisius berskala nasional termasuk hotel dan perumahan.

Yang terpenting, Samarinda diprediksi akan mengalami perkembangan pesat, apalagi dengan adanya rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

2. City Of Makassar

kota makassar

Proyek-proyek skala besar dari beberapa pengembang, seperti Ciputra Group, IMB Property, BSA Land, dan Wika Realty telah bermunculan di daerah ini dan segera menjadi incaran para pencari hunian, terutama pengguna kelas atas.

Tidak hanya sektor properti yang menarik, beberapa sektor bisnis melengkapi kota ini, seperti sektor perikanan, pariwisata, dan transportasi di mana Makassar adalah gerbang utama untuk lalu lintas udara dan laut.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba berinvestasi di properti di wilayah timur Indonesia, karena nilai properti akan selalu meningkat.

3. Kota Medan

Terdaftar dalam 10 kota terpadat di Indonesia, Medan dapat dikatakan sebagai kota yang berkembang di luar Jawa.

Beberapa infrastruktur dan fasilitas bergengsi seperti perluasan Bandara Internasional Kuala Namu, hingga kereta bandara menjadi salah satu alasan yang membuatnya termasuk lokasi terbaik untuk investasi properti.

Meskipun pusat pemerintahan berada di pusat kota, beberapa daerah pinggiran telah mulai mengubah wajah mereka yang ditandai dengan pengembangan infrastruktur seperti jalan tol, pusat pendidikan, dan bisnis sentral.

Sejumlah hunian mewah di Medan merupakan properti yang banyak dibeli, baik oleh penduduk lokal maupun imigran.

Seperti proyek rumah elit dari Podomoro Land, yaitu Podomoro City Deli Medan yang terletak di Medan Barat, di mana harga rumah di sini dapat mencapai IDR 1,200,000,000.00.

4. Lampung City

lampung city

Proyek pembangunan infrastruktur nasional, yaitu Jalan Tol Trans Sumatra di Lampung, merupakan titik balik dalam perkembangan ekonomi di Kota Pisang.

Masih banyak lahan kosong dengan harga tanah per meter yang terjangkau dapat menjadi langkah awal untuk investasi dengan biaya yang tidak terlalu besar.

Rentang harga tanah di Lampung dapat dikatakan sangat murah, mulai dari IDR 500,000.00 dan beberapa bahkan dijual di bawah harga pasar.

Memilih lokasi dekat dengan aliran utama seperti bandara dan pelabuhan akan sangat menguntungkan bagi orang-orang yang sering bepergian.

Meskipun termasuk dalam area baru, Ciputra Group selalu berada di garis depan melihat potensi suatu area, seperti yang terlihat dari proyek perumahan elit Citra Garden Lampung yang dekat dengan bandara.

Atau lebih tepatnya, dekat dengan Aeroworld 8 di Perumahan Citra Garden yang hanya 15 menit dari Bandara Soekarno Hatta.

5. Yogyakarta

yogyakarta

Dengan keunggulan berupa keberadaan universitas-universitas terkenal, pusat industri kerajinan terbesar hingga masyarakat yang ramah, Yogyakarta dapat dianggap untuk memulai investasi properti, misalnya dengan memulai bisnis kos-kosan.

Anda dapat membayangkan manfaat yang dapat diperoleh. Setidaknya ada lebih dari 142.219 mahasiswa aktif yang mencari tempat tinggal sementara yang dekat dengan kampus.

Belum lagi keluarga baru yang memilih pindah ke Yogyakarta karena alasan pekerjaan atau biaya hidup di Yogyakarta yang memang relatif murah.

Keberadaan transportasi baru, yaitu KRL Yogyakarta-Solo, semakin menambah daya tarik tempat ini untuk investasi properti secepat mungkin.

6. Kawasan Jabodetabek

investasi kawasan jakarta

Meskipun Jakarta tetap menjadi primadona untuk investasi properti skala besar, kini kota-kota penyangga juga semakin menarik perhatian dengan perkembangan pesat infrastruktur, pusat bisnis, apartemen, dan perumahan.

Belakangan ini, kota-kota ini mulai menunjukkan kemajuan mereka dengan pembangunan di sekitar stasiun, jalan tol, dan pusat-pusat bisnis yang berkembang.

Beberapa lokasi terbaik untuk investasi properti berdasarkan kriteria ini termasuk:

  • Tangerang Selatan
  • Tambun
  • Cikarang
  • Cileungsi
  • Depok
  • Bogor
  • Cibubur
  • Maja
  • Bekasi

Area-area ini menawarkan berbagai proyek fantastis dengan harga menarik yang dapat Anda temukan langsung di proyek-proyek yang dipilih.

7. Atlas City (Kota Semarang)

investasi semarang

Tak hanya terfokus di wilayah Jabodetabek, salah satu tempat investasi menjanjikan terbaik juga ada di Jawa Tengah.

Dikenal sebagai pusat industri terpadu, Semarang city mampu menarik banyak orang untuk mengadu nasib atau mencari pekerjaan di Kota Lumpia.

Selain penduduk lokal, Semarang juga mempunyai sejumlah pendatang yang terbilang cukup sangat besar yang mampu meningkatkan permintaan akan tempat tinggal. Hal ini mencakup persewaan terjangkau, apartamen, dan perumahan bersubsidi di Semarang.

Investor baik lokal maupun asing tidak hanya menyasar pusat kota, tapi juga pinggiran kota Semarang. Meningkatnya harga tanah yang mencapai Rp4.000.000,00 per meter persegi atau lebih menjadi faktor pendorongnya.

Salah satu peluang investasi yang menarik di bidang perumahan adalah proyek Ciputra Group, yaitu CitraSun Garden Semarang.

That's information about the best locations for property investment that you can use as a reference. Hope this article helps!